PPID Balai Penelitian Ternak

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penelitian Ternak

Belajar Bersama Budidaya Ternak di Ponpes Al-Huda Turalak




Ciamis – Sebagai rangkaian akhir kegiatan Bimtek Program Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan Tahun 2021, Balai Penelitian Ternak (Balitnak) kiembali laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak Kambing dan Kelinci di Ponpes Al-Huda Turalak Ciamis, Sabtu (26/06/21). Acara dibuka Anggota Komisi IV DPR RI KH. Asep A. Maoshul Affandy, M.Pd.I., dari Balitnak hadir Dadang Sudarman, S.Kom., Dr. Soni Sopiyana, Narasumber Dr. Bram Brahmantiyo dan Dr. Lisa Praharani, beserta tim pendukung, serta Pimpinan Ponpes Al-Huda.

Dadang Sudarman mengatakan kegiatan merupakan Kerjasama Kementerian Pertanian melaui UPTnya Balitnak dengan Komisi IV DPR RI. Komoditas ternak yang ada di Balitnak adalah kambing, kelinci, Itik, Ayam KUB dan Ayam Sensi, domba, sapi perah dan hijauan pakan ternak. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat menjadi lebih faham dalam pemanfaatan ternak.

KH. Asep A. Maoshul Affandy menuturkan hikmah dalam memelihara ternak sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, yaitu melatih seseorang menjadi terbiasa menangani problematika umat manusia, mampu menyantuni, mengayomi, menjadi tahu diri, dan mandiri tidak bergantung sama orang lain. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pemanfaatan limbah atau kotoran ternak sangat mudah untuk diaplikasikan, contohnya air seni kelinci ketika disemprotkan ke tanaman dapat memicu tumbuhnya tunas-tunas baru. Selain itu dari limbah ternak yang sudah diolah bisa digunakan sebagai campuran pakan. Selain itu ternak juga dimanfaatkan dalam ritual peribadahan seperti qurban atau zakat.

Bimtek kali ini diikuti oleh 100 orang peserta, dengan dua sesi materi, pertama tentang Budidaya Ternak Kambing disampaikan oleh Dr. Lisa Praharani, dan sesia kedua tentang Budidaya Ternak Kelinci oleh Dr. Bram Brahmantiyo. (AKS)